Pages

21 May, 2009

Bisnis Panas #1 : Affiliasi

Salam netters,

Seperti yang sudah saya tulis di posting sebelumnya, cara praktis memulai bisnis internet, salah satu cara bisnis internet yang sering dilakukan dan disarankan adalah Affiliate.
Bisnis Affiliate biasa juga disebut bisnis Reseller. Di dunia nyata mirip dengan bisnis makelar atau broker. Dari beberapa pebisnis internet sukses yang saya tahu, baik kelas Indonesia maupun dunia, hampir bisa dipastikan menjalankan dan merekomendasikan jenis bisnis ini.

Penyedia layanan Affiliate, disebut juga Merchant, bisa berupa orang atau perusahaan. Mereka mempunyai produk/layanan yang dijual via internet. Untuk memperluas pangsa pasar mereka menawarkan program Affiliate. Orang yang bergabung dengan merchant disebut Affiliate marketer atau biasa disebut Affiliate saja.
Cara kerjanya, setelah bergabung dengan Merchant, anda akan mendapatkan kode berupa link atau banner yang nantinya bisa ditaruh di Blog/Situs. Untuk mempromosikannya anda bisa membuat pre-sell artikel berisi pengalaman anda menggunakan produk/layanan tersebut. Contoh pre-sell bisa anda lihat disini.

Beberapa kemudahan dari bisnis ini, khususnya untuk pemula :
1. Tidak perlu membuat produk
Produk/layanan sudah disediakan oleh Merchant.

2. Tidak perlu membuat dan mengatur sistem
3. Tidak perlu menangani pembelian dan pengiriman barang
Dua hal di atas juga dikerjakan oleh Merchant.

4. Jumlah komisinya cukup tinggi

Dibandingkan bisnis internet yang lain, keuntungan yang didapat cukup besar bila dihitung per satu penjualan. Biasanya sekitar 10%-50% dari harga jual produk, bahkan beberapa Merchant bisa mencapai 75%.

Sekarang anda bisa mulai mencoba berbisnis Affiliate. Mohon maaf, pada postingan kali ini, belum ada program Affiliate yang bisa saya rekomendasikan untuk anda.
Saya sendiri masih mempelajari kemungkinan bergabung dengan beberapa Merchant.

Uang panas
juga mengadakan program Affiliasi bagi membernya. Selain mendapatkan panduan cara berbisnis internet anda pun juga bisa menjual produk uang panas dengan komisi 50%. Info lebih lengkap bisa anda lihat di sini.

Saya harap artikel ini bermanfaat bagi anda.

Semoga sukses.
Terima kasih.

No comments:

Post a Comment