Pages

20 May, 2009

Cara praktis memulai bisnis Internet

Salam netters,

Tidak terasa sudah 1 bulan setelah posting artikel yang pertama, review uang panas, baru kali ini saya bisa menulis lagi. Sebenarnya saya bingung mau menulis apa. Setelah membaca beberapa e-book dan juga browsing sana-sini, baru dapat ide.
Mengunjungi banyak Blog/Situs yang kebanyakan bertopik internet marketing, baik lokal maupun internasional, membuat saya sedikit minder. Apalagi biasanya mereka sudah bisa menunjukkan bukti pendapatan sebagai seorang internet marketer, baik melalui cek maupun dibayar secara online.

Kembali ke ide tadi. Sebagai seorang pemula, ini adalah Blog pertama, saya berencana menulis tentang internet marketing juga. Tentu lebih ke arah sharing.
Mohon maaf sebelumnya kalau gaya menulis saya yang buruk membuat anda tidak nyaman. Maupun pengetahuan saya yang tidak seberapa membuat anda bosan. Saya ingin berbagi dengan anda, saya harap apa yang saya tulis, meski pun sederhana, akan bermanfaat untuk anda.

Berikut adalah, secara ringkas dan praktis, cara-cara memulai bisnis internet.

Persiapan yang harus anda lakukan sebelumnya :
1. Mempunyai KTP asli
Ini penting, karena nantinya segala transaksi pembayaran merujuk data di KTP anda.

2. Mempunyai rekening tabungan di Bank
Bagi kita di Indonesia, paling disarankan adalah rekening tabungan BCA.

3. Mempunyai komputer pribadi dengan akses internet
Pada awalnya anda bisa memanfaatkan jasa warnet.

Kalau 3 hal di atas sudah siap, anda sudah siap untuk memulai. Kebetulan yang sedang saya pelajari dan lakukan saat ini adalah Blogging for profits. Rencananya sih memadukan Affiliate dan Adsense.

Langkahnya adalah :
1. Buatlah sebuah Blog/Situs
Blog/Situs adalah sarana bagi anda untuk mempromosikan maupun menjual produk bisnis. Kalau anda mempunyai dana tambahan, tentu lebih disarankan merancang sendiri Blog/Situs dan kemudian membeli domain maupun hosting. Hal ini membuat Blog/Situs anda terlihat lebih profesional.
Bagi anda yang masih pemula, seperti saya he...he..., bisa mencoba dulu untuk membuat Blog gratis di www.blogger.com. Contoh hasilnya seperti blog saya ini. Panduan cara membuatnya bisa anda lihat di sini.

2. Mulailah menulis artikel
Untuk mencari topik yang sedang dicari orang, butuh waktu untuk riset dan belajar. Namun untuk mudahnya anda bisa menulis apa saja yang sesuai dengan minat dan hobi anda. Topik yang umumnya banyak dicari adalah seputar internet marketing, olah raga, politik maupun hiburan.

Jika blog sudah jadi, anda bisa mulai mencoba berbisnis internet. Salah satu jenis bisnis yang banyak disarankan ialah bisnis Affiliate. Uang panas juga menawarkan program Affiliate bagi membernya. Untuk info lebih lanjut bisa anda lihat di sini.

Saya harap artikel ini bermanfaat bagi anda.

Semoga sukses.
Terima kasih.

1 comment: